WOUW… ADA PULAU DADAKAN DI PESISIR MUARAGEMBONG BEKASI

Pantai Sederhana 24/02/2014 – Warga Muaragembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Kaget ketika menemukan Gundukan pasir yang teletak ditengah laut sebelah selatan Desa Pantai Mekar dan di sebelah utara Desa Pantai Sederhana, daratan berupa hamparan pasir yang timbul tersebut membentuk membentuk huruf Z memanjang hingga Kp. Muara besar Desa Pantai Bahagia.

“Biasanya tahun-tahun yang lalu, tidak sampai tinggi daratannya, tp sekarang tinggi bangett, sudah gitu panjang dan membentuk pantai,” Ungkap Maman, Nelayan Muara Jaya Desa Pantai Mekar senin 24 Pebruari 2014

Gambar

. Menurut maman, Fenomena alam tanah timbul tersebut terjadi akibat Gelombang besar dari perairan Jakarta beberapa waktu lalu hingga membawa banyak pasir dari tengah laut ke sepanjang pesisir Muaragembong, dan akhirnya menjadi gundukan pasir berbentuk pulau pasir dengan lebar sekitar 10 meter dan panjang kurang lebih hingga 1,5 Kilometer.

Tanah timbul yang membentuk pantai tersebut terletak 500 meter dari bibir pantai Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Hamparan pasir yg timbul tersebut kini ramai dikunjungi warga dengan menggunakan perahu dari Tempat Pelelangan Ikan Muara Jaya. “Dengan biaya Rp. 2000. Masyarakat bisa sampai ke lokasi Pulau buaya, paling sekitar setengah jam dah sampai dilokasi,” Imbunya.

Gambar

Sementara itu menurut, Lurah Jejen Kepala Desa Pantai Sederhana menjelaskan, bahwa pulau dadakan ini muncul sekitar 3 minggu yang lalu dan biasanya akan ada hingga bulan Agustus mendatang, sebelum surut, lokasi laut tersebut memang dangkal, dan dasarnya adalah hamparan pasir. “Makanya dari dulu namanya Pulau buaya,” Tukasnya.

Lebih lanjut Lurah Jejen menambahkan, Pulau Buaya atau Lokasi tanah timbul tersebut asalnya adalah perkampungan yang tenggelam dan habis dikikis Abrasi. “Memang dulunya itu adalah Kampung Muara kuntul dan disebelah selatan namanya kampung muara mati. Dua kampung tersebut sudah lenyap di gerus Abrasi sekitar tahun 2000an, makanya daerah tersebut ketika bulan-bulan tertentu saat laut surut datang, dia langsung membentuk dataran berupa hamparan pasir atau pantai, karna memang wilayah tersebut bekas daratan. ” Jelasnya.

Gambar

Sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pihak pemerintah Kabupaten Bekasi terkait adanya fenomena alam tersebut. Yang jelas saat ini warga Muaragembong punya tempat Wisata murah meriah. Yaitu sebuah pulau dadakan dengan hamparan pasir yang muncul secara misterius.

“Warga saya datang ke pulau itu buat rekreasi, jadi tidak perlu jauh-jauh ke Pantai Pakisjaya Karawang, disinipun ada” pungkasnya. (Ucie)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s